Tuesday, April 19, 2016

Laporan 7 Membuat Aset Utama

1. Tujuan

       Praktikum ini berisi tutorial project yang terdiri dari 5 pertemuan praktikum. Pada pertemuan ini, kegiatannya adalah pembuatan aset utama yang terdiri dari 3D Text dan Capsule.

2. Alat

Adobe Illustrator CC
 Cinema 4D R16

3. Bahan

tanpa bahan

4. Dasar Teori

Nurbs Modeling :

NURBS (Non-Uniform Rational Bezier Spline) Modeling merupakan metode paling populer untuk membangun sebuah model organik. Kurva pada Nurbs dapat dibentuk dengan hanya tiga titik saja.
Kurva pada Nurbs dapat dibentuk dengan hanya tiga titik saja. Dibandingkan dengan kurva polygon yang membutuhkan banyak titik (verteks) metode ini lebih memudahkan untuk dikontrol. Satu titik CV (Control verteks) dapat mengendalikan satu area untuk proses tekstur.

 Cara kerja Sweep di Cinema 4D :

Sapuan NURBS adalah alat yang menggunakan dua objek, sebuah spline dan spline objek seperti lingkaran atau sisi N. Sapuan NURBS menggabungkan dua objek tersebut dan membuat mereka menjadi satu, dengan menggunakan spline objek untuk lebar dan bentuk keseluruhan, dan spline lain untuk menentukan panjang dan kurva.

 Bump map pada material setting :

Bump map merupakan gambar hitam putih dari material yang kita gunakan. Bagian yang terang adalah adalah bagian yang timbul sedangkan bagian yang gelap akan masuk kedalam.


5. Tugas Praktikum

Tirukan petunjuk praktikum yang diberikan

6. Petunjuk Praktikum

1.Extrude text kemudian menambahkan accent menggunakan Sweep NURBS
2.Membuat material yang bersifat Glossy

7. Hasil Praktikum


8. Kesimpulan

      kesulitan pada praktikum ketujuh ini adalah untuk memberikan sweep, pertama yang saya bingungkan seperti tidak ada perbedaanya tetapi setelah diberi warna akan terlihat perbedaannya dan material yang diberikan memberi effek yang lebi bagus lagi.

9. Referensi

http://enigmindtic.blogspot.co.id/2013/11/metode-modelling-3d.html
http://esasabila.blogspot.co.id/2014/10/3d-modeling_24.html


No comments:

Post a Comment