Pada praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu Secondary Assets dan Movement. Pada praktikum ini, penambahan movement diperdetail dengan menggunakan F-Curves
2. Alat
Adobe Ilustrator CS3
Cinema 4D
3. Bahan
Hasil praktikum sebelumnya
Aset sekunder
4. Dasar Teori
Secondary Assets adalah penggunaan objek lama yang digunakan kembali pada animasi yang baru namun tidak berperan lagi sebagai objek utama, hanya sebagai objek tambahan pada animasi baru.
Fungsi F-Curves
F-Curve Editor ini memungkinkan untuk mengontrol animasi pada hampir semua elemen, termasuk material dan parameter world dengan mengontrol curva animasi. Key frame dihubungkan oleh garis curva, dalam F-Curve Editor. Titik pada F-Curve Editor merupakan key frame. Sumbu X pada F-Curve Editor mewakili key frame, sedangkan yang diwakili oleh sumbu Y bergantung pada parameter yang dianimasikan.
5. Tugas Praktikum
Pada animasi logo favorit yang sudah dibuat seblumnya, lakukan hal berikut :
1. Tambahkan Secondary Assets
2. Tambahkan kompleksitas gerakan pada asset utama (logo)
3. Haluskan gerakan menggunakan f-curves
6. Hasil Praktikum
7. Kesimpulan
Kesulitan dalam praktikum ini adalah saat melakukan proses merekam helix dan aset untuk mengitari objek utama.dan untuk mengepaskan tinggi helix serta jumlah logo yang mengelilingi objek utama. 2 jam praktikum saya hanya mendapat satu hasil percobaan, yaitu secondary aset saja.
8. Referensi
https://wisuda.unud.ac.id/pdf/0519451074-3-12.%20BAB%20II%20.pdf
No comments:
Post a Comment