Wednesday, March 2, 2016

Laporan Praktikum 1. Logo 3D 360 (Turn Table Animation)

1. Tujuan

tujuan dari praktikum ini adalah pengenalan dunia 3D melalui pembuatan animasi 3D yang dapat berputar 360 derajat.

2. Alat

Adobe Illustrator CC
Maxon Cinema 4D R16

3. Bahan

Logo Kominfo Indonesia (Browsing digoogle)

4. Dasar Teori

a. Perbedaan animasi 2D dan 3D

-Animasi

Merupakan suatu rangkaian gambar diam secara inbetthwin dengan jumlah banyakm bila kia proyeksikan akan terlihat seolah-olah hidup (bergerak), seperti yang pernah kita lihat di film – film kartun di televisi maupun dilajar lebar jadi animasi dapat disimpulkan menghidupkan benda diam di proyeksikan menjadi bergerak. 3 penggunaan animasi pada komputer telah dimulai dengan ditemukannya software komputer yang dapat dipergunkan untuk melakukan ilustrasi di komputerm membuat perubahan gambar satu ke gambar berikutnya sehingga terbenttuk suatu bentuk gerakan tertentu.

Jenis animasi yang banyak dikenal adalah animasi 2D dan 3D, perbedaan dari animasi 2D dan 3D adalah dapat dilihat dari sudut pandangnya. Animasi 2D menggunakan koordinar x dan y, sedangkan animasi 3D menggunakan koordinat x,y, dan z yang memungkinkan kita dapat melihat sudut pandang objek secara lebih nyata.

-Animasi 2D
Animasi jenis ini juga biasa disebut dengan film kartun. Kartun sediri berasal dari kata Cartoon, yang artinta gambar yang lucu. Contohnya adalah : Lonney Tunes, Tom and Jerry, Doraemon, dan lain sebagainya.

-Animasi 3D
Animasi 3d adalah pengembang dari animasi 2d. Dengan animasi 3d, karakter yang diperlihatkan semakin hidup dan nyata, mendekati wujud manusia aslinya. Contohnya Toy Story, Monster Inc, Finding Nemo, The Incredible, hingga Final Fantasy.disini kita bisa melihat perbedaan visual jika dibandingkan dengan animasi 2d. Kesemuanya itu biasa juga disebut dengan animasi 3d atau Computer Generated Imagery (CGI).

Sedangkan untuk model animasi 2D, animasi dibuat dengan menggunakan beberapa gambar yang memiliki layer terpisah yang berarti tanpa menggunakan rangka virtual. Kemudian anggota badan, mata, mulut dan sebagainya dari objek tersebut dibuat seolah – olah bergerak oleh animator dengan menggunakan ”key frame” secara terus menerus atau frame by frame. Proses tersebut disebut sebagai proses ‘tweening motion” atau “morphing”. Contoh aplikasi untuk melakukan hal tersebut adalah Macromedia Flash

b. Pengertian Traching

Tracing

_ Dalam terminologi komputer grafis, vector adalah

sekumpulan objek dalam garis atau bentuk

tertentu yang dapat didefinisikan secara matematis,

diisi warna, dan memiliki resolusi bebas. Karena itu, vector bisa diperbesar dalam

ukuran berapa pun tanpa kehilangan resolusinya.



Tracing

_ Tracing adalah teknik penggambaran cepat, baik secara

manual atau digital. Tracing adalah jawaban

untuk tuntutan proses produksi yang berpacu dengan waktu.

_ Tanpa tracing, barangkali tak akan ada printing tekstil, screen printing, atau air brush

style sekalipun.

5. Tugas Praktikum

Buatlah 3D 360 dengan menggunakan logo favorit kalian

6. Petunjuk Praktikum

7. Hasil Praktikum

8. Kesimpulan

Untuk membuat animasi 3D yang bisa berputar 360 derajat kita harus bisa traching suatu objek dan setelah itu kita harus belajar menggunakan software Cinema 4D untuk memberikan ketebalan dan agar bisa memberi ruang dalam objek tersebut setelah itu kita juga harus bisa memutar dengan sumbu putar yang telah ditentukan. danyang terakhir kita harus bisa merender untuk menjadikannya sebuah video.

9. Referensi

https://tedipermanasite.wordpress.com/2013/05/13/perbedaan-antara-2d-dan-3d/
https://yoppybrokolie.wordpress.com/2013/10/27/pengertian-tracing/



No comments:

Post a Comment