Wednesday, March 16, 2016

Laporan Praktikum 2 Camera Path, Lighting, and Material

1. Tujuan

tujuan dari praktikum ini adalah belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada animasi 3D yaitu Camera Path, Lighting, and Material. Camera path diimplementasikan menggunakan splin. Lighting menggunakan physical sky dan area light.

2. Alat

Adobe Illustrator CC
Maxon Cinema 4D R16
Time Lapse Assembler

3. Bahan

Hasil Praktikum Sebelumnya

4. Dasar Teori

Perbedaan Motion Guide pada Flash dengan Camera Path
Motion guide adalah salah satu fasilitas dari flash yang mempunyai gerakan sesuai dengan jalur yang kita buat. Fasilitas ini merupakan lanjutan dari motion tween. Fasilitas ini sangat cocok digunakan untuk jenis animasi yang membutuhkan ketelitian dalam pergerakan yang dikehendaki atau sesuai keinginan. Sedangkan Camera Path memiliki fungsi untuk menggeser kamera. Terdapat dua jenis camera path, yaitu Track XY Camera dan Track Z Camera. Track XY Camera berfungsi menggeser titik kamera pada bidang XY ke kiri, kanan, atas, bawah. Track Z Camera berfungsi menggeser titik kamera menjauhi atau mendekati ke objek.

Physical Sky dan Area Light
Physical Sky pada cinema 4D berfungsi untuk mengatur keakuratan pada scene pencahayaan. Sangat mudah hanya dengan mengatur pengaturan tinggi dan letak sudut yang bisa menampilkan keakurasian pencahayan yang diinginkan. Sedangkan area light adalah teknik pemberian cahaya pada objek yang sedang dikerjakan sesuai dengan area yang dipilih. Lebih mudahnya lagi, kita hanya mengatur waktu yang kita inginkan, maka sistem akan langsung menyuguhkan background sesuai dengan keadaan waktu itu tersebut.

Material pada Cinema 4d
Material pada cinema 4D adalah teknik pemberian warna pada objek. Sebagai contoh penggunaanya adalah ketika pada praktikum ini saya akan memberikan warna pada logo atau objek yang saya buat dengan memasukkan beberapa unsur elemen yang ada pada material ini.


5.Tugas Praktikum

Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, tambahkan:

a. Pergerakan kamera menggunakan teknik camera path
b. Lighting sederhana dan mudah menggunakan Physical Sky dan Area Light

6. Hasil Praktikum


7. Kesimpilan

        Untuk menambahkan effek cahayan dan pergerakan kamera kita harus memperhatikan terlebih dahulu letak objek kita, kemudian agar mendapatkan pergerakan yang bagus yang harus kita lakukan yaitu dengan belajar menentukan koordinat sudut agar saat kamera digerakan objek yang kita rekam itu bisa berada pada posisi yang bagus dan ketika kamera bergerak maka objek kita juga akan tetap terlihat bagus.

8. Refernsi
http://www.mohhasbias.com/prak-02-camera-path-lighting-and-material/

No comments:

Post a Comment